Materi Keterampilan Berbicara dengan indikator micro dan makro - Informasi Pendidikan, Teknologi dan Travelling

Breaking

Wednesday, September 20, 2017

Materi Keterampilan Berbicara dengan indikator micro dan makro

Apa yang disebut terampil berbicara? konstruk keterampilan berbicara adalah produktif lisan dan bersifat performansi. penilaian keterampilan berbicara terjadi baik pada konteks spontan maupun terencana dalam waktu yang cukup. berdasarkan kajian berbagai konstruk kemampuan berbicara, maka akan diuraikan dengan indikator berikut :


INDIKATOR KETERAMPILAN BERBICARA MICRO
•    Mampu melafalkan kata/kalimat dengan tepat
•    Mampu mengungkapkan tekanan sesuai dengan penting tidaknya informasi yang disampaikan
•    memilih/menggunakan tempo, jeda, keras lemahnya suara sesuai dengan isi
•    Mengungkapkan kata penghubung yang sesuai dengan isi wacana
•    Mampu memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat
•    Mampu memperbaiki kesalahan penggunaan intonasi pada pembicaraan

Indikator Keterampilan Berbicara Makro
•    Membuka pembicaraan sesuai dengan konteks pembicaraan
•    Mampu memaparkan inti pembicaraan secara runtut
•    Mampu menggunakan bentuk retorika/strategi sesuai genre dan tujuan
•    Mampu mengungkapkan contoh-contoh aktual
•    Mampu menutup pembicaraan sesuai tujuan
•    Mampu menggunakan kalimat penghubung antara tuturan satu dan yang lainnya
•    Mampu mengungkapkan ajakan, larangan, dan fungsi-fungsi

4 LEVEL BERBICARA

1. IMITATIF
2. TERKONTROL ;Pembukaan pembawa acara, melanjutkan wawancara. dll
3. MERENCANAKAN
4. SPONTAN

STRATEGI PELAKSANAAN PENILAIAN KEMAMPUAN BERBICARA
Ditinjau dari segi waktu pelaksanaan ada beberapa tahapan yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
Ditinjau dari jumlah kompetensi dasar dan waktu pelaksanaannya ada tiga :
1. melaksanakan penilaian tiap satu kompetensi berbicara terintegrasi dalam pembelajaran.
2. melaksanakan penilaian beberapa kompetensi berbicara dengan menyediakan waktu tes tersendiri.
3. pelaksanaan penilaian dengan menyediakan waktu tersendiri dan terintegrasi dengan kompetensi lainnya (keterampilan menulis, menyimak atau membaca)

Sumber buku :
Dr. Titik Harsiati, M.Pd, Assesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kerjasama PT Pertamina dan Universitas Negeri Malang (UM), Hal. 87-102

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad