Cara membuat soal essay atau soal uraian - Informasi Pendidikan, Teknologi dan Travelling

Breaking

Saturday, April 16, 2016

Cara membuat soal essay atau soal uraian

Panduan membuat soal uraian - cara membuat soal essay atau soal uraian lengkap dengan rumus menghitung soal essay dan pedoman penskoran soal essay atau uraian.
cara membuat soal essay atau soal uraian terbatas dan tidak
cara membuat soal essay atau soal uraian

Tes uraian adalah tes yang mengedepankan nilai subjektivitas peserta didik. Tes uraian menuntut peserta didik untuk mengorganisir gagasan, menuangkan, mengekspresikan, dan menganalisis dalam bentuk tulisan.
Dalam tes uraian, siswa memilih, merespon dan menjawab pertanyaan.

Cocok untuk mata pelajaran : IPS, MTK, Sains.
Beberapa kemampuan yang dapat diukur :

  • Menyeleksi
  • Mengorganisasi
  • Menginterpretasi
  • Menghubungkan
  • Mengevaluasi
  • Menganalisis
  • Membandingkan
  • Menjelaskan hubungan sebab akibat
  • Mendeskripsikan aplikasi
  • Memberikan argumen yang relevan
  • Memformulasikan hipotesa

Selain dari hal tersebut, tes uraian juga dapat mengukur kemampuan menulis peserta didik, tidak semua peserta didik dapat menulis ide dan gagasan yang baik.

Jenis tes uraian

1. tes uraian terbatas
Bentuk soal yang mempunyai butir-butir soalnya mempunyai jawaban yang lebih pasti, bagi guru apakah soal yang dibuat sesuai dengan aturan atau tidak.

Contoh soal Matematika
- Sebuah bak penampung air berbentuk balok dengan ukuran 150 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 75 cm, mampu menampung berapa liter kah penampungan tersebut?

berikut cara menilai jawaban soal essay matematika
pedoman penskoran soal essay matematika
contoh kunci jawaban dan pedoman penskoran soal essay matematika


Contoh soal uraian terbatas
Penjaskes
- Mengapa seorang pemain sepakbola sangat membutuhkan unsur daya tahan tubuh?.........skor 2

IPS
- Jelaskan dua situasi yang menunjukkan penggunaan hukum permintaan dan penawaran? ……………skor 2
2. Tes uraian tak terbatas

Tes ini menguji secara lebih kompleks, peserta didik mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan gagasan, pemahaman, penafsiran, serta pemaknaannya dalam bentuk tulisan.
Peserta didik akan diuji pemahaman dan kemampuan menulis pemahaman.

Langkah penskorannya
  • Tuliskan garis garis besar jawaban sebagai kriteria jawaban
  • Tetapkan rentang skor untuk setiap kriteria jawaban
  • Pemberian skor tergantung pada kualitas jawaban siswa
  • Periksalah satu soal satu soal sebelum pindah ke soal lain, untuk menghindari pemberian skor berbeda.
Hitung nilai soal dengan rumus :
Nilai tiap soal :……… x bobot soal
skor maksimum tiap butir soal :………..
Jumlahkan semua nilai yang diperoleh dari semua soal, maka akan didapatkan nilai akhir.

Contoh soal uraian tak terbatas
- Faktor apa saja yang membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia? Jelaskan dengan singkat! Skor 25
- Buatlah uraian  tentang teori tata surya yang dikemukakan copernikus, dan bagaimana menurut kamu saat ini! Skor 30

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar objektivitasnya terjaga

  1. Menyusun perencanaan yang baik
  2. Pertimbangkan ruang lingkup soal, kedalaman dan panjang jawaban peserta didik
  3. Ketika selesai menyusun soal, guru juga menyusun jawaban dan pedoman penskoran
  4. Ketika memeriksa usahakanlah menyembunyikan identitas siswa atau nama siswa diganti dengan kode.
Teknik penskoran tes uraian essay, ada dua teknik :

  • Penskoran analitis yaitu caranya penskor menentukan daftar  unsur-unsur yang harus dinilai, daftar itu kemudian diberi angka. Contoh seperti tes uraian terbatas.

  • Penskoran holistik, ada beberapa langkah
    Menentukan kualitas, dengan cara guru menyesuaikan jawaban siswa kriteria jawaban kita.
    Menyediakan pedoman penskoran.
Contoh Pedoman penskoran soal essay uraian Bahasa Indonesia

Pedoman penskoran soal essay Bahasa Indonesia
Pedoman penskoran soal essay uraian Bahasa Indonesia

Berikutlah cara membuat soal essay atau soal uraian yang terbatas maupun yang tak terbatas lengkap dengan cara menghitung nilai soal essay uraian dengan pedoman penskorannya. Semoga Bermanfaat
Daftar Pustaka:
Sigit Pramono, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Diva Press: Jogjakarta, 2014

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad